Saturday, July 18

Akhlak dulu atau Hijab dulu?! - ES

Hallo sahabat semua..
lebih baik akhlak atau hijab dulu yaa??? *Bertanya kepada akhwat yaa.. hehehe

Sering kita mendengar kata tersebut, ada yang bilang, "tidak apa - apa tidak memakai hijab yang penting akhlaknya baik" bahkan ada yang mengatakan " percuma memakai hijab tapi akhlaknya buruk"  Nah kita pasti sering mendengarkan kata - kata tersebut.

Lalu bagaimana tanggapan kita sebagai muslimah?
Apakah kita akan diam saja jika ada yg berkata seperti itu? Tentu tidak

Mari kita bahas, Jika ditanya mana yang lebih dulu harus diperbaiki hijab atau akhlak? Jawabanya adalah Hijab dulu. kenapa, karena wanita merupakan makhluk yang di istimewakan oleh Allah SWT. Hal ini terbukti dari perhatian lebih yang di khususkan Allah kepada kaum hawa tersebut yakni di berikanlah aturan tentang bagaimana caranya seorang wanita menjadi pribadi terhormat baik di hadapan Allah maupun di hadapan manusia, salah satunya dengan cara menutup aurat (Hijab).  Hijab dan Akhlak pun adalah dua hal yang berbeda, memakai hijab itu hukumnya wajib, sedangkan akhlak adalah perilaku baik atau buruk. 

Dalil tentang hijab tertera di Q.S Al - Ahzab : 59

 " Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang yang mukmin. Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang".

Nah jadi seperti itu sahabat, berkerudung itu bukan berarti kita berubah menjadi malaikat yang suci. Tapi kita sebagai para muslimah memang sedang berusaha untuk memenuhi kewajiban kita sebagai seorang wanita, meskipun belum sepenuhnya ketentuan Allah SWT.

Jika engkau berjilbab kemudian ada orang yang mempermasalahkan aklaqmu. Maka katakan kpda mereka : "bahwasannya jilbab dan akhlak adalah 2 hal yg sangat berbeda. berjilbab merupakan murni perintah dari Allah SWT dan wajib bagi wanita yang telah baligh untuk menjalankannya. sedangkan akhlak adalah budi pekerti yang bergantung pada pribadi masing-masing. Jika seorang berjilbab melakukan disa atau pelanggaran, itu bukan karena jilbabnya melainkan karena akhlaknya sendiri.

Nah sudah jelas bukan, jadi yang harus diperbaiki itu adalah hijab dulu, karena memakai hijab itu hukumnya wajib meskipun akhlak kita baik atau buruk. Ketika kita sudah mentaati perintah Allah kita juga bisa sambil memperbaiki Akhlak kita. Berhijab jangan ditunda tunda, belum siap? Lalu siapmu kapan? Jangan menunggu penyesalan, kita perbaiki dari sekarang. Jika kita tidak memakai jilbab maka hukumnya sudah jelas dosa, meskipun akhlaknya baik tapi ia tetap berdosa karena tidak memakai hijab. 

Bandung 15 Maret 2020
E.S

Baca juga :
1. 4 cara menjadi jiwa kreatif. Klik disini

0 comments:

Post a Comment

5 Tips Bisnis Pengusaha Muslim Yang Berhasil

  Sebagai seorang Muslim, berbisnis dan mendapatkan keuntungan dianggap sebagai amal yang dianjurkan dalam Islam. Namun, menjadi seorang pen...