Sudahkah bersyukur hari ini ?

Syukurilah apa yang kamu capai saat ini, karena ketika kamu mengeluhkan kehidupanmu, masih banyak orang yang ingin berada di posisimu.

Doa dan Harapan

Doa adalah senjata yang mampu digunakan untuk melawan segala bentuk serangan yang sedang kamu hadapi. Jangan pernah meremehkan kekuatan dari doa yang tulus ikhlas

jangan pernah menyerah kawan!!!

Merki harus jalur gelap dan berlubang jadi rintangan, yakinlah itu titik awal dari sebuah terang yang akan kau dapatkan dipenghujung jalan :)

Sedih dan senang adalah kenikmatan

Nikmat itu kadang kadang tidak disadari. hanya apabila ia telah hilang, barulah manusia benar benar menyadari.

Subhanallah Walhamdulillah

Berdzikir tiada henti sahabat

Friday, March 8

Resume : Setiap Waktu adalah Waktu Belajar

Part (1/3)

Malam Gelap disertai hujan dan angin.
dikedinginan malam yang hanya ditemani segelas air teh
menjadikan hati menjadi tenang dan berpikir

Banyaknya orang beranggapan, bahwa yang dimaksud dengan belajar adalah mencari ilmu dan menuntut ilmu. Memang jika kita bertanya kepada banyak orang tentang apakah belajar itu, maka akan memperoleh jawaban yang berbeda-beda. Perbedaan tersebut karena adanya kenyataan, bahwa perbuatan belajar itu sendiri bermacam-macam. Banyak jenis kegiatan belajar itu misalkan menirukan ucapan kalimat, menghafalkan lagu, menghitung dan mengerjakan tugas dan sebagainnya.


Menurut James O Wittaker, belajar dapat didefinisikan sebagai proses dimana tingkah laku ditimbulkan atau diubah melalui pengalaman. (Wasty Soemanto:2012) Dengan demikian bahwa belajar itu bukan hanya sekedar membaca, menulis dan mengetahui teori saja layaknya disekolah. 

Menurut Anthony Robbins, belajar itu seperti mengendari mobil. Jika ita mengetahui di mana pedal gas, rem, dan kopling serta memindahkan gigi, itu berarti kita belum belajar. Belajar artinya melakukan tindakan baru, sebuah tindakan yang konsisten dan berkesinambungan sehingga yang kita pelajari menjadi sebuah kebiasaan. (Gobind Vashdev)

Hal yang sama juga dikatakan oleh konfusius "To Know but not to do is not yet know" mengetahui, tetapi tidak melakukan sama artinya dengan tidak mengetahui. seharusnya melakukan atau mengambil tindakan dari apa yang diketahui itulah inti dari belajar. Dan apabila tindakan tindakan yang telah diketahui tersebut diulang-ulang terus maka keterampilan akan muncul dan bahkan akan berkembang dengan baik. Pandangan serupa juga diungkapkan oleh filsuf yang terkenal di Yunani ialah Aristoteles, "Kita adalah apa yang kita lakukan berulang-ulang ... maka keunggulan bukanlah suatu perbuatan melainkan hasil dari kebiasaan". dari uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa kita semua pada awalnya tidak memiliki kemampuan apapun. Kita belajar berjalan, belajar berbicara, belajar menulis, belajar membaca, belajar makan dan apapun yang kita mampu saat ini, itu semua berawal dari belajar.. bener bukan ??? So, jangan hanya ingin tahu saja tapi lakukan tanda kutif pengetahuan dan tindakan yang baik. Oraiiiittt.....

Manusia mulai belajar pada usia kanak-kanak. kenapa tidak pada usia remaja dan dewasa?  karena pada fase anak-anak, manusia belajar lebih banyak dibandingkan masa mana pun dalam pertumbuhan. Anak-anak pun memiliki sikap mental yang luar biasa. mereka melihat segala sesuatu dengan apa adanya bukan ada maunya .. hehe. Anak-Anak selalu mempertanyakan segala sesuatunya, tidak ada kata "tidak mungkin" di dalam pikirannya karena fantasi mereka jauh melampaui logikanya. Nah, disitulah kita sebaiknya belajar pada anak-anak bagaimana rasa ingin tahunya sangat mendalam.

Ada tiga sikap mental anak-anak yang harus kita ketahui. secara sederhanya, kita analogikan seperti menuangkan air dari botol ke sebuah gelas. ada tiga syarat agar gelas dapat terisi dengan penuh diantaranya :

  1. Terbuka, hanya dengan gelas terbukalah air bisa terpenuhi. Hanya dengan pikiran terbuka (Open Mind) suatu ilmu dapat mengalir dalam diri kita.
  2. Kosong, "Kosongkanlah Gelasmu", Hanya dengan kekosonganlah yang mempunyai nilai yang baru.
  3. Tak Kalah Penting, "Rendahkanlah hatimu" bagaimana pun terbuka dan kosongnya gelas tidak akan terisi jikalau posisi gelas lebih tinggi dari pad botol yang akan mengisi. (Gobind Vashdev)
Itulah ketika sikap mental anak yang harus kita ketahui dan belajar pada masa kanak-kanak. yang mana anak terbuka dalam menerima apapun, bahkan siap menampung apa yang akan diberikan dan yang terpenting adalah rendah hati dan mengesampingkan sikap egois, sombong dan SoToY .. :)

Mengetahui bahwa kita tidak tahu apa-apa adalah awal kebijaksanaan :)

Gelas adalah Murid, Botol adalah .... ???? Botol itu apa ? dan siapa ?

Tunggu Episode Selanjutnya Brother and Sister........

Thursday, November 29

Memahami Makna "KREATIF" dalam bahasa Inggris

Memahami Makna “KREATIF” Untuk Bahasa Inggris

Oleh : Yunus Shifa Muntari
Prodi : Pendidikan Agama Islam (PAI)

Setiap pelajaran memiliki tingkat kesulitannya yang berbeda, terutama bahasa Inggris. Bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional, bahkan sebagai alat komunikasi antar Negara. Tidak heran, dalam dunia pendidikan kita belajar bahasa Inggris. Sejak Sekolah Dasar (SD) sampai bangku perkuliahan selalu ada mata pelajaran bahasa Inggris. Di era global seperi ini, akan semakin banyak perkembangan dan kemajuan dari setiap Negara. Mulai dari perdagangan dan beberapa perusahaan milik orang asing, yang mana penggunaan bahasa Inggris menjadi sangat penting untuk kita kuasai. Akan tetapi semua orang hanya mengatakan bahasa inggris itu sulit, pusing, tidak penting dan aneh. Berdasarkan wawancara yang dilakukan penulis mengenai bahasa Inggris diantaranya :
Riyan Setiawan berkata “Bahasa Inggris itu sulit dan susah di pahami dikarenakan dalam sejak bangku Sekolah Dasar (SD) sampai Sekolah Menengah Atas (SMA) guru bahasa Inggris dalam proses KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) selalu monoton dan boring” dan begitu juga Rizqy Mahrozan mengatakan “Bahasa Inggris itu memang sulit akan tetapi tidak ada yang sulit hanya diri kita yang berkata sulit”.
Mengapa bahasa Inggris itu bisa dikatakan sulit oleh kalangan pelajar? Ahmadi dan Supriyono mengungkapkan : “Kesulitan belajar adalah adalah suatu keadaan dimana anak didik atau siswa tidak dapat belajar dengan baik, hal ini tidak selalu disebabkan oleh faktor intelegensi, akan tetapi dapat juga di sebabkan oleh faktor non intelegensi”. Dari pernyataan tersebut bisa diambil kesimpulan bahwa kesulitan belajar dapat disebabkan dalam proses belajar mengajar dalam kelas. Semua siswa mempunyai Passion (rasa cinta) dalam pelajarannya, contoh siswa yang passionnya dalam bidang menghitung dia akan menggeluti pelajaran matematika dengan serius walaupun dengan tekanan yang berat dalam proses belajarnya. Berbeda dengan pelajaran yang bukan passionnya ketika ada tekanan berat yang ada jenuh dan tidak minat untuk belajar pelajaran tersebut. Yang dimaksud saudara Riyan adalah proses mengapa bahasa Inggris itu sulit di sebabkan karena faktor seorang guru dalam penyampaiannya kurang menarik dan kurang happy. Penyampaian pelajaran bahasa Inggris dari SD sampai SMA sama saja, yang mana proses pembelajarannya hanya reading (membaca), writing (menulis), listening (mendengarkan) dan speaking (berbicara). Tidak tertinggal dengan tugas-tugas yang sangat sulit dalam setiap akhir pelajaran. Apakah siswa akan bisa berkembang dengan metode seperti itu? apakah siswa jenuh atau tidak? tentu iya, bagaimana bisa proses pengajaran dari SD sampai SMA sama saja tidak ada perubahan, alhasil seorang siswa tidak akan menguasai pelajaran bahasa Inggris tersebut.
Uraian diatas seharusnya menjadi ladang inspirasi, inovasi dan kreatifitas bagi semua guru terutama guru bahasa Inggris dalam proses mengajar. Kenapa? ketika banyaknya lulusan SD, SMP, SMA sampai perkuliahan pun masih banyak siswa yang belum memahami bahasa Inggris.
Dari berbagai uraian diatas, apakah seorang guru akan berdiam diri dan melanjutkan metode pembelajaran yang sama? jelas tidak, harus digantinya metode penyampaian yang bisa membuat seorang siswa tidak bosan dan jenuh, contoh adakan diskusi, games dan quis dalam kelas, ini akan lebih menarik lagi dan keharmonisan kelas akan tercipta. Selanjutnya, apabila seorang siswa masih belum mahir dalam pembelajaran bahasa Inggris dan dalam UTS/UAS nilainya jelek inilah yang harus jadi intropeksi dari seorang guru. Amati, selidiki dan teliti dalam mengatasi siswa tersebut, mungkin ada faktor penghambat dalam proses belajarnya atau apakah dalam proses penyampaiannya yang salah. Di sinilah seorang guru dituntut menjadi seorang guru yang kreatif. Lalu, apa yang harus dirubah? hal pertama yang harus dilakukan seorang guru adalah mengajar dengan sepenuh hati dengan memberikan kesan humoris dan ceria dalam kelas. Kesan seperti itulah yang akan membuat murid merasa nyaman dan antusias dalam belajar bahasa Inggris. Lalu langkah berikutnya adalah memaksimalkan peran sebagai seorang guru yang “KREATIF”. Kreatif adalah kemampuan berpikir yang bertujuan untuk pemecahan sebuah kondisi atau masalah secara cerdas, untuk membawa hasil yang tepat dan bermanfaat. “KREATIF” bukan hanya memahami kata kreatif saja, tetapi “KREATIF” singkatan dari Komunikatif, Rangkul, Explore, Aktif, Tujuan, Inovasi dan Family. Istilah tersebut yang harus dimiliki seorang guru bahasa Inggris di dalam kelas. Pengertian kata KREATIF antara lain :
Komunikatif. Seorang guru harus menjadi guru yang komunikatif. Komunikatif sangat dibutuhkan dalam pembelajaran yang mana seorang guru harus dapat menjelaskan dengan baik dan mudah dipahami oleh siswa. Contoh dalam kasus listening seorang guru jangan hanya berbicara di depan papan tulis dan siswa hanya mendengar saja, tetapi cobalah menggunakan metode visual (Gambar, Video, Audio). Siswapun akan lebih mudah memahami dengan metode visual seperti itu.
Rangkul. Walaupun seorang guru sudah kreatif dalam menguasai kelas, akan tetapi merangkul siswa sangat penting apalagi siswa yang belum bisa mengikuti dengan baik karena ada faktor extern yang menghambatnya. Disinilah seorang guru berperan penting.
Explore. Seorang guru harus bisa menyelidiki faktor permasalahan siswanya kenapa sulit untuk dipahami.
Aktif. Guru aktif guru yang hanya terpaku kaku dan yang berpegang teguh pada bahan pengajaran yang ada. Maksudnya, guru harus memiliki gaya belajar yang membuat siswa memahami pelajaran yang diajarkan.
Tujuan. Seorang guru harus mengetahui tujuan sebenarnya menjadi guru. Seorang guru mempunyai tugas mengajar. Dr. Nana Sudjana mengungkapkan “mengajar adalah membimbing siswa bagaimana belajar. Mengajar berarti mengatur dan menciptakan kondisi yang ada dilingkungan anak didik sehingga dapat melakukan kegiatan belajar”. Dari pernyataan tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa tujuan mengejar adalah menyampaikan ilmu dan melatih pola pikir siswa.
Inovasi. Mengubah suatu kondisi atau atmosfir pembelajaran yang kurang baik menjadi lebih baik. Diharapkan dengan inovasi bahwa guru guru sebagai inovator yang langsung berhadapan di kelas dapat membawa situasi yang kondusif dan efektif.
Family. Inilah yang paling penting bagi seorang guru yang mana peran seorang guru harus menganggap siswanya adalah keluarga. ketika seorang guru menganggap semua murid adalah keluarga akan terciptanya humoris, ceria dan fun dalam pembelajarannya karena tidak ada keraguan dan kecanggungan dalam belajar.

Dengan  mewujudkan kelas yang kondusif, efektif dan menjadikan siswa yang cerdas, seorang guru bahasa inggris harus menjadi guru yang “KREATIF”. “KREATIF” yang dimaksudkan agar guru menciptakan suasana belajar dan mengajar yang menyenangkan sehingga siswa memusatkan perhatiannya secara penuh. Aktif dan menyenangkan saja tidak cukup jika proses pembelajarannya tidak efektif, yaitu tidak menghasilkan apa yang harus dikuasai oleh siswa setelah proses pembelajaran selesai, sebab pembelajaran memiliki sebuah tujuan yang harus dicapai. Metode pembelajaran yang asalnya dimulai dari membaca (reading), menulis (writting), mendengar (listening) dan berbicara (speaking) diubah menjadi mendengar (listening), berbicara (speaking), membaca (reading), menulis (writting) dan permainan (games). Tidak sampai disitu, makna “KREATIF” harus dipahami, seorang guru harus menjadikan “aku adalah kamu, kamu adalah kita. Kita adalah berjuang dan berkata bahasa Inggris itu mudah!”

Friday, November 23

Jeritan Alam penyeimbang kehidupan

Jeritan Alam

Langkah demi langkah
Untuk mencapai puncak kejayaan
Gemuruh angin dari kejauhan
Datang menyampaikan kesejahteraan

Suara dari langitpun terdengar
apa yang kamu cari disini
Kakipun terdiam
tidak tau arah tujuan

Kenikmatan?
Kedamaian?
Syurga dunia?
Tidak ada disini .
Gunung marah
Lautan pun ikut murka
Kalian tidak sadar apa yang kalian lakukan

Langit menangis, bumi menjerit
Kapan orang orang sadar, bahwa alam adalah penyeimbang kehidupan

Jagalah alam
Alam akan menjaga kita

- YSM -

5 Tips Bisnis Pengusaha Muslim Yang Berhasil

  Sebagai seorang Muslim, berbisnis dan mendapatkan keuntungan dianggap sebagai amal yang dianjurkan dalam Islam. Namun, menjadi seorang pen...