Sunday, May 12

Al-Quran membahas tentang Keluarga


Keluarga merupakan unit terkecil dari masyarakat yang terdiri dari atas kepala keluarga dan beberapa orang yang terkumpul dan tinggal disuatu atap dalam keadaan saling ketergantungan. (Sugen Iwan) sedangkan menurut perspektif islam, keluarga yang dibangun berlandaskan ajaran agama islam dan keteladanan serta bakti diantara suami istri maupun orangtua dan anak anaknya.

Keluarga merupakan lembaga pendidikan pertama bagi anak, tetapi banyak orang tua yang tidak memahami dan tugas mereka bagaimana mendidik anak. Mereka hanya menggantungkan pendidikan anak-anaknya kepada sekolah, padahal peran sekolah hanya membantu tugas dari orangtuanya. Jadi pendidikan karakter baik dan buruknya terhadap anak yang utama adalah keluarga (orangtua). Anak-anak yang terpengaruhi pergaulan negatif di luar itu diakibatkan karena kurangnya perhatian dari orangtuanya sendiri. 

Peranan keluarga memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap pendidikan karakter anak, bagaimana anak didik harus jujur, sopan, disiplin, bertanggung jawab dan lain sebagainya. Dan yang paling penting adalah orangtua itu sendiri yang harus memberikan contoh perilaku yang baik karena sejatinya anak akan meniru setiap apa yang dilakukan orangtuanya. Maka jangan salahkan anak merokok, apabila ayahnya sendiri merokok. "da bapa juga ngerokok" saut anaknya๐Ÿ˜„ hahaha "perlu diingat"

Q.S At-Tahrim ayat 6 menerangkan :

ูŠَุง ุฃَูŠُّู‡َุง ุงู„َّุฐِูŠู†َ ุขู…َู†ُูˆุง ู‚ُูˆุง ุฃَู†ْูُุณَูƒُู…ْ ูˆَุฃَู‡ْู„ِูŠูƒُู…ْ ู†َุงุฑًุง ูˆَู‚ُูˆุฏُู‡َุง ุงู„ู†َّุงุณُ ูˆَุงู„ْุญِุฌَุงุฑَุฉُ ุนَู„َูŠْู‡َุง ู…َู„َุงุฆِูƒَุฉٌ ุบِู„َุงุธٌ ุดِุฏَุงุฏٌ ู„َุง ูŠَุนْุตُูˆู†َ ุงู„ู„َّู‡َ ู…َุง ุฃَู…َุฑَู‡ُู…ْ ูˆَูŠَูْุนَู„ُูˆู†َ ู…َุง ูŠُุคْู…َุฑُูˆู†َ

Artinya : "Hai orang-orang yang beriman, perihalalah dirimu dan keluarga dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, kelas dan tidak mengdurhakai Allah terhadap apa yang diperintahnya kepad meraka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahannya."

Ayat tersebut menjelaskan bahwasannya kita diperintahan untu menjaga/membina keluarga kita dari api neraka. Misbah Mustofa menyinggug terkait ayat tersebut, ia menjelaskan bahwa cara menjaga keluarga yaitu dengan memerintahkan apa yang diperintahkan oleh Allah dan menjauhi apa yang dilarangnya (taqwa). 

Kata ู‚ُูˆุง disini dalam bahasa arab ialah isim Mudzakar jadi dapat di kiaskan ู‚ُูˆุง ialah suami. Maka penekanan atas perintah tersebut adalah seorang suami harus bisa menjaga dirinya sendiri dan keluarganya dalam siksa api neraka. Tugas suami bukan hanya menafkahi, seperti judul lagu pulang pagi pergi pagi dari armada ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜‚, tetapi peran suami sangat penting dalam menentukan akhir sebuah keluarga. jadi wi qooyahnya

 ูˆู‚ุง ูŠุฉ : ุญูุธ ุดูŠุฆ ู…ุง ูŠุถุฑู‡
"menjaga sesuatu dari yg memadhorotkan"

Nah, jadi tugas suami harus bisa menjaga keluarganya dari yang memudhorotkan. harus bisa mengarahkan keluarganya dalam kebaikan. Kata ู‚ُูˆุง ุฃَู†ْูُุณَูƒُู…ْ memiliki arti "Jagalah Dirimu" mksd dari jaga disini seorang suami harus bisa mengetahui 3 nafsu untuk menjaga keluarganya diantaranya:
  1. Nafsun Amarah Bissu : Nafsu yang melekat pada diri seseorang manusia, sebab ia suka mengarahkan terhadap perbuatan atau perilaku yang dilarang dalam agama. Nafsu bisa dikatakan paling jahat dan dzalim but ketika berbuat kejahatan dia akan berbangga diri dengan kejahatannya.
  2. Nafsu Lawammah merupakan nafsu yang mengenal baik dan buruk. Nafsu yang berusaha dikendalikan atas perintah Allah. Orang-orang yang memiliki nafsu ini tidak tetap pendiriannya dalam menjalankan ketaatan dan meninggalkan dosa.
  3. Nafsu Mutmainnah merupakan nafsu yang membuat pemiliknya menjadi tenang dalam ketaatan
adapun kelanjutan dari kata tersebut ialah ู†َุงุฑًุง. Naaron disini merupakan akibatnya bukan sebab. akibat dari tidak bisa menjaga ketaatan terhadap perintah Allah. maka sudah jelas akibatnya siksa api neraka. sudah sepantasnya seorang suami harus bisa menjaga keluarganya dari siksa api neraka.

Kesimpulan : Skrg mah buka ntos adzan .. hahahha

hatur nuhun :

Allah SWT
Keluarga
Dosen : Pak Agung
IR17
Kang wawan
Teh Nena

0 comments:

Post a Comment

5 Tips Bisnis Pengusaha Muslim Yang Berhasil

  Sebagai seorang Muslim, berbisnis dan mendapatkan keuntungan dianggap sebagai amal yang dianjurkan dalam Islam. Namun, menjadi seorang pen...